Ini Dia Cara Mudah dan Cepat Cleaning Printer Espon

Ini Dia Cara Mudah dan Cepat Cleaning Printer Espon

  • December 14, 2020

mkbagoutletmall.com – Ketika kualitas hasil output print Epson milik Anda mulai menurun, bisa jadi penyebabnya adalah bagian nozzle atau prints head sudah kotor. Padahal, bagian tersebut mempunyai tanggung jawab untuk mentransfer tinta ke kertas. Apabila tinta mulai mengering maka hal tersebut dapat menyumbat prints head sehingga berakibat pada munculnya garis-garis atau warna pudar di hasil cetakan. 

Nah, apabila mesin printing Anda mengalami masalah tersebut maka tidak ada salahnya untuk mencoba cara cleaning printer Epson. Pasalnya, ketika hasil cetakan jelek, tugas-tugas kita tentu akan terhambat, kan?. Tak perlu berlama-lama lagi, mari simak artikel informatif ini sampai habis, ya!

Cara Cleaning Printer Epson

Secara umum, cara pembersihan prints head pada semua jenis atau merek mesin printing hampir sama, pembedanya sebenarnya hanya dalam langkah-langkahnya saja. Jika Anda pengguna Epson maka ikutilah secara berurutan cara cleaning printer Epson L120, L310, L210, maupun tipe lainnya sebagai berikut.

  1. Hidupkan mesin print dan pastikan terhubung dengan komputer.
  2. Klik menu “Start” pada komputer Windows 7 atau 10, lalu buka “Control Panel”, pilih “Hardware and Sound”, pilih “Device and Printer”, pilih printer mana yang akan Anda bersihkan.
  3. Klik kanan pada nama printer tersebut, kemudian klik “printing reference”.
  4. Pilih tab “Maintenance”, dan klik “Head Cleaning”. Sebagai langkah alternatif, Anda dapat mengeklik kanan pada ikon mesin pencetak di sistem tray, kemudian pilih opsi “Head Cleaning”.
  5. Setelah itu, munculah kotak dialog baru dan klik “Start” untuk memulai proses pembersihan. Pada beberapa versi software Epson, kita akan diberi pilihan mengeklik “Next”.
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan selesai. Pada tahap ini lampu indikator mesin print akan berkedip, dan akan berhenti berkedip setelah proses loading selesai.
  7. Selanjutnya, klik “Print Nozzle Check Pattern” untuk mengetahui hasil head cleaning-nya dengan memastikan ada kertas di dalam paper tray
  8. Setelah itu, klik “Print”. Apabila hasil print masih kurang bagus maka klik “Clean” untuk menjalankan kembali proses pembersihan. Akan tetapi, jika hasilnya sudah bagus maka Anda dapat mengeklik “Finish”.

Catatan: perlu diingat bahwa proses pembersihan di atas jika dilakukan terlalu sering akan mengakibatkan mesin print lebih cepat boros tintanya serta prints head-nya juga cepat habis. Oleh karena itu, lakukan head cleaning seperlunya saja, ya!.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Cleaning Mesin Printing Epson?

Seperti telah disebutkan di atas bahwa waktu yang tepat untuk pembersihan mesin print adalah pada saat hasil cetakan sudah mulai muncul garis-garis, warna pudar, atau tidak sesuai dengan warna aslinya. 

Baca Juga : Cara Ubah Foto ke PDF

Nah, demikian itulah artikel informatif tentang bagaimana cara cleaning printer Epson. Jika merek printing Anda berbeda maka tinggal sesuaikan saja langkah-langkahnya karena secara umum langkah-langkah di atas bisa digunakan untuk semua jenis maupun merek. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Senny

E-mail : admin@mkbagoutletmall.com