Cara Pakai Tespek agar Hasilnya Akurat

Cara Pakai Tespek agar Hasilnya Akurat

  • December 7, 2020

mkbagoutletmall – Sebagian besar pasangan menginginkan buah hati di tahun pertama pernikahannya. Tidak mengherankan kalau mereka banyak menggunakan tespek untuk melihat apakah ada tanda-tanda janin sudah terbentuk atau belum. Setelah hasil di tespek muncul, barulah pasangan datang ke dokter spesialis kandungan.

Meski tespek memiliki tingkat akurasi yang cukup baik. Banyak pasangan tidak tahu cara pakai tespek dengan benar. Efeknya, hasil deteksi dini mengalami masalah dan pasangan semakin harap-harap cemas. Kalau Anda tidak mau mengalami kesalahan, coba simak beberapa cara di bawah ini.

Membeli Tespek Sesuai Kebutuhan

Tespek yang dijual di pasaran, jenisnya cukup beragam mulai dari yang sederhana, sampai yang sangat mahal dan canggih. Tingkat akurasi masing-masing alat ini juga berbeda sehingga Anda harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau hanya untuk mengecek sebelum dibawa ke dokter, jenis standar strip dari kertas bisa dipakai.

Namun, kalau Anda ingin memastikan apakah sedang hamil atau tidak karena sudah lama mendambakannya, bisa pakai yang jenis digital atau USB. Akurasi alat untuk mendeteksi hormon kehamilan cukup baik meski hanya terdapat sedikit saja di urine.

Mengecek Tanggal Kedaluwarsa

Selalu cek tanggal kedaluwarsa saat Anda ingin memakai tespek. Misal terlanjur beli banyak pada kehamilan sebelumnya, jangan langsung dipakai. Kalau tespek yang dibeli sudah tidak layak pakai, hasil yang akan diberikan juga tidak akan akurat. Bahkan, bisa berbahaya kalau Anda hamil, tapi terlihat seperti tidak hamil.

Pakai tespek yang benar dan masih baru akan meningkatkan akurasinya. Anda tidak perlu beli yang terlalu mahal. Harga tespek jenis trip yang tersedia di apotek cuma Rp15.000.

Mengikuti Petunjuk Pemakaian

Sekarang kita akan bahas cara pakai tespek secara teknikal agar Anda tidak melakukan kesalahan sama sekali. Pertama, baca petunjuk dari kemasan dahulu. Hal ini penting sebelum untuk mencegah kesalahan. Selanjutnya, ikuti juga beberapa langkah teknis berikut ini.

  • Lakukan di pagi hari. Urine setelah bangun tidur akan mengandung banyak hormon kehamilan sehingga deteksi bisa segera dilakukan.
  • Siapkan wadah untuk menampung urine. Wadah tidak perlu besar asal bagian dari tespek bisa masuk sampai batas MAX.
  • Setelah disiapkan, segera dicelupkan ke urine, tunggu selama 5 detik baru diangkat atau ikuti aturan dari wadah. Jangan diangkat kurang dari waktu atau lebih lama dari waktunya. Hasil bisa saja tidak akurat.
  • Setelah diangkat, diamkan dahulu selama kurang lebih 10 menit. Jangan langsung menyimpulkan apakah Anda hamil atau tidak.
  • Cek apakah ada garis merah yang muncul pada garis kontrol dan juga garis hasil. Kalau keduanya muncul, artinya Anda sedang hamil.

Baca Juga : Cara Registrasi Kartu Smartfren Mudah Dan Praktis

Cara pakai tespek yang tepat sebenarnya mengikuti aturan dari kemasan. Kadang aturan dari masing-masing pabrik berbeda-beda. Namun, pastikan Anda sudah memiliki tanda atau gejala seperti datang bulan yang terlambat. Lakukan di pagi hari agar garis yang muncul lebih akurat serta tidak tidak membingungkan.

Senny

E-mail : admin@mkbagoutletmall.com